Thursday, December 10, 2015

Mulai dari yang Kecil (Tulisan Prof. Yohanes Surya)

Leave a Comment

Tulisan di bawah ini adalah milik Prof. Yohanes Putra. Tulisan bagus ini saya posting di sini agar tidak hilang dan terlupakan. Tentu saja, Islam jauh-jauh hari sudah berbicara tentang ini. Insya Allah lain kali kita bahas. Prof. Yohanes Putra memiliki jasa yang luar biasa untuk pendidikan di Indonesia. Yuk kita do'akan beliau agar mendapat hidayah taufik dari Allah.

***

Bangun tidur yang dicari handphone. Kenapa ya?
Buka komputer, yang dibuka games atau situs tertentu saja. Kenapa ya?
Otak kita butuh makanan berupa “kepuasan”. Games, smartphone (sms, WA, BB) atau situs tertentu memberikan “kepuasan” bagi otak. Otak puas menimbulkan rasa senang. Ini mendorong kita untuk melakukannya lagi dan lagi, menjadi suatu kebiasaan.

Kebiasaan membaca lebih 50 buku pertahun, menurut penulis buku Mini Habits, Stephen Guise dimulai dng kebiasaan kecil (mini habits) baca 2 hal per hari. Ini bukan tugas berat bagi otak. Sukses, membuat otak “puas” dan ingin melakukannya lagi dan lagi. Dari 2 hal, jadi 4 hal, 10 hal dan akhirnya 1 buku per bulan. Lalu 1 buku perminggu dan akhirnya lebih 50 buku pertahun.

Kebiasaan jalan pagi, saya mulai dng jalan 5 menit perhari ( GAmpang dilakukan). Sukses mampu jalan 5 menit , membuat otak “puas” (senaNG), sehingga saya lakukan ini tiap hari. Agar lebih aSIk, jalan sambil dengar lagu atau merenung. Rasa senang memotivasi saya untuk jalan 10 menit, 15 menit, lalu 20 menit dan akhirnya 30-45 menit, apalagi rewardnya hebat: tubuh lebih segar, penyakit (kolesterol, cepat lelah dsb) sembuh tanpa obat.

Kebiasaan makan sepiring sayur/buah + air putih dipagi hari. saya mulai dng GASING: makan sayur satu sendok kecil (GAmpang dilakukan), otak “puas” (senaNG) karena kita sukses makan sayur. Besoknya saya lakukan lagi. Agar lebih aSIk, sayur dicampur abon atau kerupuk. Ini rutin saya lakukan karena saya tahu rewardnya hebat: tubuh lebih sehat (buang air besar lebih lancar, racun tubuh terbuang), terhindar dari prostrat, ginjal bekerja dng baik dsb.

Ngajar berhitung, pakai GASING. Mulai dng yang GAmpang 1+1, 1 +2. Ketika murid jawab benar. Saya puji “wah hebat sekali kamu bisa hitung 1 + 1 = 2, 1 + 2 = 3”. Murid senaNG “kok gampang gini dipuji…”.Otaknya “puas” (senaNG). Mereka tambah semangat, belajar jadi lebih aSIk apalagi rewardnya hebat : kepintaran bertambah.

Banyak kebiasaan positif bisa dimulai dng GASING/mini habits: Belajar bahasa (mulai dng 1 kata per hari), juara olimpiade matematika (kerjakan 1 soal olimpiade perhari), meditasi/doa pagi (mulai dng 1 menit per hari), baca kitab suci (mulai dng baca 1 ayat perhari), push up 25 kali perhari (mulai dng 1 push up per hari), berhenti merokok (mulai kurangi 1 rokok per hari), menulis buku (mulai nulis 50 kata perhari), tidak berkata kasar (mulai kurangi 1 kata kasar ), memberi (mulai beri Rp. 10.000 pada orang susah), hidup sehat (mulai minum 1 gelas air putih per hari) dsb.
The journey of a thousand miles begins with one step. (by Prof. Yohanes Putra)


Read More...